Rabu, April 09, 2008

Menghizab Diri Di Setiap Waktu Sebelum Hari Penghizaban

( Tarbiyah Ruhiyah ke-4 ) Sesungguhnya aku harus selalu menghizab diriku sendiri setiap selesai melakukan amal perbuatan, baik dalam urusan yang besar maupun yang kecil.. Dan di setiap malam hari aku harus melakukan kholwat dengan Allah untuk melihat apa yang akan kupersembahkan di akherat nanti .. Begitulah ber-muhasabah (introspeksi) ! Setiap pagi aku wajib memperbaiki niat, sehingga tujuan tiap amal perbuatanku hanya untuk mendapat ridho Allah, ikhlas-ridho dan terbebas dari riya’. Dan di sore hari aku wajib mengevaluasi atas semua yang telah ku lakukan. Bila amal perbuatanku adalah kebaikan, maka aku harus bersyukur kepada Allah; dan bila bukan kebaikan maka aku wajib bertaubat... menyesal, memohon ampunan, berjanji untuk tidak mengulangi, dan segera kembali ke jalan Allah... serta memohon perlindungan dan husnul khotimah kepada-Nya.

Tidak ada komentar: