Rabu, April 09, 2008

Jatuhkan Sanksi Pada Diri Sendiri Jika Melakukan Kesalahan/ kelalaian

( Tarbiyah Ruhiyah ke-5 ) Apabila dalam bermuhasabah aku temukan kesalahan, maka sesungguhnya tak pantas bagiku untuk membiarkannya. Sebab, membiarkan diri dalam kesalahan akan mempermudah diriku dalam melakukan kesalahan dan akan semakin sulit bagiku untuk meninggalkannya. Aku harus bisa segera memberikan sanksi kepada diriku sendiri disaat aku sadar telah melakukan kesalahan atau kelalaian dalam memikul tanggung jawab atau meninggalkan kewajiban kepada Allah dan sesama manusia, sehingga aku tidak menyalahi ikrar. Sanksiku harus berupa mengerjakan amal perbuatan yang baik dengan kualitas yang lebih baik dan kwantitas yang lebih banyak; semisal : berupa mengerjakan beberapa rakaat sholat sunnah bila tidak bersilaturrahmi ke tempat ikhwan. Seperti inilah seharusnya aku ber-mu’aqobah (Pemberian Sanksi) !

Tidak ada komentar: